Follow Me 
  

MOTIF HIAS PADA KARYA SENI RUPA NUSANTARA

Karya seni rupa Nusantara adalah karya seni rupa yang telah berkembang secara luas di wilayah Nusantara. Karya seni rupa dibedakan menjadi dua, yaitu karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Pada karya seni rupa Nusantara terdapat motif hias yang beragam. Karya kerajinan motif hias termasuk  kerajinan yang pengerjaannya  memerlukan kesabaran, ketelitian, dan kreatifitas. Motif hias adalah  bentuk dasar pada suatu bidang atau ruang yang membentuk sesuatu yang indah.

KARYA SENI RUPA DUA DIMENSI
Karya seni rupa dua dimensi adalah Karya seni rupa yang hanya memiliki ukuran panjang dan lebar saja, sehingga tidak bisa diraba motifnya dan hanya dapat dilihat dari depan saja. Contoh : Kain batik, kain tenun, kain songket, kain ulos, gambar wayang dan sebagainya.

1. Kain Batik
Pada motif hias kain batik banyak menggunakan bentuk-bentuk non-geometris dan bentuk-bentuk geometris.

a. Motif Hias GEOMETRIS

Adalah motif hias yang berupa lengkung, garis, lingkaran, segitiga, dan sebagainya  yang berulang-ulang.

      b.  Motif Hias NON GEOMETRIS

Adalah motif hias yang berbentuk berdasarkan tumbuh-tumbuhan, hewan, awan, dan bentuk lain-lain, atau perpaduan antara tumbuhan, hewan, dan bentuk lain



2. Kain Songket

Pada kain songket, teknik pembuatan motif dengan menghitung komposisi tingkat-tingkat benang dalam bentuk susunan menyerupai piramida. Dibeberapa daerah memiliki berbagai nama untuk songket. Di Sulawesi Tengah Songket disebut subi, sedangkan di daerah Sumbawa disebut selungka atau songke.




3.       Wayang Kulit

Wayang kulit merupakan penggambaran tokoh-tokoh dalam cerita Ramayana dan Mahabarata. Wayang juga merupakan symbol dari karakter tokoh-tokoh dalam cerita, ada yang berkarakter tokoh jahat dan tokoh baik. 








KARYA SENI RUPA TIGA DIMENSI

                Karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan kedalaman.Contohnya antara lain ukir kayu, relief, topeng. Seni rupa tiga dimensi memiliki motif hias yang beraneka ragam.



1. Topeng

Topeng merupakan tiruan wajah atau tokoh dengan karakter tertentu. Topeng menggunakan motif hias yang berwujud wajah dengan kepala manusia, raksasa, dan binatang. Motif hias topeng biasanya juga terdapat pada pintu candi, hiasan dinding atau ditempat lainnya.           





2. Ukiran dan relief
Ukiran dan relief termasuk karya seni rupa yang dapat dinikmati keindahannya dan banyak digunakan sebagai benda pakai. Relief juga digunakan pada hiasan bidang yang mempunyai suatu cerita. Contohnya di Candi Prambanan, reliefnya menceritakan tentang Ramayana atau di Candi Borobudur, menceritakan tentang Sang Buddha dan ajaran-ajarannya.Ragam hias pada ukiran dan relief dapat dibedakan menjadi ragam hias non-geometris dan ragam hias geometris.
a.       Ragam Hias NON GEOMETRIS
Adalah ragam hias yang tidak terikat oleh bentuk-bentuk ilmu ukur.Contohnya motif sulur-suluran, pohon hayat, motif hewan, kedok dan makara. Ragam hias sulur-suluran disebut juga lung-lungan(Jawa) dan patra (Bali),
ukiran kayu motif kedok dari Bali
motif hias sulur-suluran
di Candi Kalasan
motif hias pohon hayat pada
ukiran kayu dari Cirebon
motif hias makara dari
dataran tinggi Dieng
b.       Motif Hias GEOMETRIS
Adalah ragam hias ilmu ukur yang berupa garis-garis dan bidang. Contohnya, ragam hias tumpal, pilin berganda, dan meander.
3. Patung
Patung-patung yang terdapat di dalam candi kebanyakan merupakan perwujudan dari para dewa atau raja, terutama yang beragam Hindu. Patung dapat dibuat dengan menggunakan teknik pahat, tuang, dan butsir (membentuk suatu benda dari bahan lunak dengan cara dibentuk langsung oleh tangan atau menggunakan alat bantu.) 
Sudip merupakan alat bantu untuk membutsir
Sudip
  ***dari berbagai sumber
     




SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING TABUNGAN
Anda ingin uang mengalir terus ke rekening Anda?
Inilah solusinya. Download Segera. GRATIS!!

4 komentar:

Anonim mengatakan...

trims atas infonya

Anonim mengatakan...

Ternyata bangsa kita, bangsa Indonesia, kaya akan seni rupa. tentu saja kebesaran bangsa kita jaman dulu sudah diakui oleh dunia, karena pada jaman Sriwijaya dan Majapahit yang daerah kekuasaannya sangat luas, sehingga ketrampilan masyarakatnya sangat beragam dan sungguh elok luar biasa. Ini sangat membanggakan sekali.

Terima kasih sudah berbagi "Motif Hias pada karya seni rupa" ini.

AndroKompi mengatakan...

Untuk AndroKompi ikut menyimak dulu ya gan. Bermanfaat sekali saya rasa ini. Yuk kita pelajari, peninggalan leluhur bangsa kita ini.

Unknown mengatakan...

Jelly Gamat Tradisional
Obat Radang Pita Suara
Obat Luka Di Anus
Obat Benjolan Di Lidah
Obat Bisul Di Dalam Telinga
Obat Radang Paru Paru Anak
Obat Penghilang Luka Jahitan
Obat Infeksi Usus Anak

Posting Komentar


 

Designed by Isdaryanto | Indexed by Google, Yahoo and Bing